Versi pertama “Somethin’ Stupid” yang saya tahu adalah duet Robbie Williams dan Nicole Kidman. Saya tidak tahu bahwa Nicole Kidman bisa menyanyikan lagu sebaik itu. Persis seperti baru-baru ini saya juga baru tahu bahwa Reese Whiterspoon bisa juga menyanyikan lagu ini dengan baik. Penelusuran saya mendapatkan sedikitnya empat versi rekaman lagu ini, dimulai dari versi asli yang dinyanyikan oleh Carson Parks dan Gaile Foote. Ini adalah satu-satunya versi yang dilakukan oleh “true lover” karena Carson & Gaile adalah pasangan suami istri. Di bawah ini adalah versi asli Somethin’ Stupid seperti ditulis oleh Carson Parks.

 

Versi Carson & Gaile direkam tahun 1966. Versi ini menurut saya sangat pendek, berlalu begitu saja, dan dinyanyikan dengan lembut dan datar oleh keduanya. Tak heran Frank Sinatra merasa sayang melewatkan lagu ini. Versi Frank dan Nancy Sinatra direkam tahun 1967. Versi inilah yang paling terkenal. Banyak orang menyebutnya “incest song” tapi Nancy Sinatra, putri Frank Sinatra menyebutnya “sweet song”. Sinatras mengubah beberapa aransemen asli dari Carson Parks dan di tangan mereka, lagu ini mulai terasa seksi. Berikut versi paling terkenal Somethin’ Stupid oleh Frank dan Nancy Sinatra.

 

Versi Robbie Williams dan Nicole Kidman rilis tahun 2001. Versi ini terdengar memakai aransemen yang sama persis dengan aransemen yang dinyanyikan Frank dan Nancy Sinatra. Kualitas rekaman yang lebih modern dan video klip yang sangat sarat emosi membuat versi ini paling seksi menurut saya. Video klip ini jugalah yang saya rasa membuat banyak orang mempersepsikan lagu ini sebagai lagu cinta. Michael Buble, yang tahun 2013 ini merekamnya bersama Reese Whiterspoon menyebutnya miskonsepsi. Saya setuju dengan Buble. Berikut adalah versi Robbie Williams dan Nicole Kidman.

 

Lagu ini menurut saya memang ungkapan hati seorang pria. Selain karena ditulis oleh Carson Parks, penyanyi pria memainkan melodi yang lebih kaya. Dari liriknya, saya merasa bahwa laki-laki dalam lagu ini, sebenarnya merasa deeply in love dengan perempuan di depannya, sehingga dia tidak bisa menahan diri untuk mengatakan “I love you” kepadanya. Frase “I love you” yang dikatakan ini menjadi stupid, karena dia tidak peduli apakah perempuan di depannya merasakan hal yang sama, dan justru kata-kata itu bisa membuat rusak semuanya. It’s about me being in love with you (Buble, 2013).
Buble dan tim menambahkan detil aransemen yang unik pada versinya. Berikut adalah versi Buble dan Whiterspoon.

 

Versi manakah yang paling menarik menurut anda? Dan kira-kira kenapa sekarang penyanyi pria yang sukses, memilih aktris untuk berduet?