beberapa waktu yang lalu kami melakukan operasi kepada seorang wanita usia 36 tahun dengan diagnosis perforasi gaster. kami menduga bahwa ibu ini menderita ulkus peptik yang parah berkaitan dengan kebiasaannya mengkonsumsi jamu-jamu serbuk yang sering dijual bebas. sudah menjadi rahasia umum bahwa jamu serbuk yang dijual bebas tersebut mengandung kortikosteroid dalam jumlah yang tinggi dan potensi aksi yang kuat. itulah sebabnya produsennya berani mengklaim sejumlah penyakit dapat disembuhkan oleh jamu tersebut.

efek samping steroid dijelaskan dapat anda pelajari sepenuhnya di sini.

penelitian-penelitian pada paruh pertama sampai pertengahan abad lalu dapat anda temukan daftarnya di sini, semuanya mengarah pada penemuan perforasi gaster akibat kortikosteroid.

berikut kami lampirkan foto durante operasi. perforasinya sendiri kami beri lingkaran tipis warna hijau muda. luka perforasi kami iris dengan pisau lalu dijahit primer dan ditutup dengan omental pack.


kira-kira kapan, ya orang indonesia bisa mengkonsumsi makanan dan barang konsumsi lainnya dengan aman? jamu-jamu serbuk itu sebenarnya mempunyai ijin dari depkes, tapi tetap saja kandungannya menipu. lagian, dari mana mereka bisa memperoleh bahan baku steroid itu, ya?

Iklan