“… hal seperti ini kesalahan kita juga, karena kita tidak pernah sosialisasi penyakit-penyakit macam ini pada masyarakat. akibatnya mereka datang terlambat dan sedikit sekali manfaatnya bila dioperasi …” (ibnu, dr, spbs; rs cengkareng, jakarta barat; 13 Mei 2008)

hidrosefalus adalah hasil terganggunya sirkulasi atau absorpsi cairan serebrospinal. hydrosefalus bukanlah satu entitas tunggal, namun lebih merupakan hasil akhir proses patologis kongenital maupun didapat. (thompson, 2005)

selama perjalanan hidup ini, saya telah berjumpa dengan beberapa penderita hidrosefalus kongenital, sejak lahir. dari sekian banyak itu, ada empat yang secara intens pernah masuk dalam hidup saya. tiga anak yang dioperasi di malaysia akhir januari lalu, dan satu yang dioperasi di cengkareng beberapa hari yang lalu. saya hadir dalam keempat operasi itu.


hidrosefalus kongenital seperti ini memerlukan tindakan segera. tidak perlu menunggu usia tertentu. selama anak tersebut aman untuk dibius oleh ahli anestesi, pemasangan pintasan ventrikulo-peritoneal akan mendatangkan manfaat. jadi, sesegera mungkin orang tua harus segera menemui ahli bedah saraf. tidak perlu menunggu sampai satu tahun. menunggu sampai satu tahun seperti yang pernah kami jumpai, menyebabkan tindakan operasi tidak mendatangkan manfaat yang bermakna karena korteks serebrinya sudah sedemikian tipis…