sepupu saya bilang bahwa kami bersepuluh sudah masing-masing bertumbuh dengan caranya sendiri-sendiri. beberapa di antara kami bersimpangan jalan dalam hidup ini, ada pula yang tidak pernah bertemu dalam perjalanan tapi tetap saling memahami posisi masing-masing.

“Semua berjalan begitu cepat dalam perjalanan hidup kami bersepuluh.Gak kerasa ya…. sekarang semuanya udah sukses, ato paling nggak sedang merintis jalannya menuju kesuksesan….. padahal dulu waktu kecil, kita semua bandel-bandel, suka mecahin lampu dirumah eyang….suka maen colek sabun bareng2….tiduran bareng2 dipendopo depan…..”

saya sendiri tidak pernah menyangka bahwa justru setelah berada di titik ini kami justru makin kompak, makin saling mendukung dalam hidup ini walaupun keberuntungan kami ada di lapangan yang berbeda-beda. saya jadi dokter di kota tanpa traffic light ini, adik kandung saya lagi ngambil master di itb, luki jadi add player band terkenal, dona jadi ibu dari bayi mungil bernama keira sambil melanjutkan bisnisnya, danang yang insinyur teknik sipil dan sekarang malah sibuk bisnis di bank besar, kuncoro yang sedang berjuang lulus sebagai insinyur “listrik” itb, adi yang jadi ketua psm ugm sambil menyelesaikan penelitian dan skripsi, satya yang lagi konsentrasi menyelesaikan skripsi yang tertunda, dita yang program magisternya hampir selesai, dan galih yang justru berprestasi di smu yang baru ini.

oom alex bilang bahwa kami ini sepupu tapi kedekatannya hampir seperti saudara kandung. kalau dulu satu keluarga anaknya bisa sembilan jadi antar saudara kandung akrab. nah, sekarang kami berdua-berdua dan bersatu-bersatu aja jadi saudara sepupu-pun mesti deket seperti saudara kandung. sekarang malah sering banget kangen dan sering pengen kumpul-kumpul. makanya agak kecewa juga akhir tahun lalu gak jadi bisa reuni keluarga seperti direncanakan sebelumnya.

tahun ini akan ada empat penanda penting semoga semuanya bisa terlaksana dengan baik: magisternya dita, st-nya kuncoro, se-nya satya, dan stp-nya adi. nia juga udah mulai research dengan grant-nya. moga-moga bisa segera gantian sekolah, hahahaha… saya sendiri kayaknya diusulkan untuk tingkat kepegawaian yang lebih terstruktur di tahun ini. tidak berharap banyak tapi kalau dapat akan sangat menguntungkan.

terima kasih tuhan atas kesempatan untuk berkembang dan bertumbuh di dalam keluarga besar ini. semoga kami lebih rukun, lebih saling memahami, lebih kompak dibanding ortu-ortu kami. kalau bisa lebih “aneh”, hahaha…